Pages

Friday 30 January 2015

Stadion Kp Durian mesti dipertahankan

TEBINGTINGGI - Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Tebingtinggi bersama sejumlah kalangan sepuh terkait, membicarakan nasib Stadion Kampung Durian yang kini diklaim sejumlah oknum.

 Sejumlah sepuh yang diundang berbicara membahas masalah tersebut di antaranya Rusman Saleh, Aswad Asmara, Mahiddin Syafii, dan H OK Agahansyah. Juru Bicara Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang Tebingtinggi, Datuk Khuzamri Amar SE, mengatakan pembicaraan ini untuk mengetahui sejauhmana keberadaan stadion bola itu.

“Ini kita lakukan dalam rangka mendata situs-situs Kerajaan Negeri Padang Tebingtinggi. Stadion Kampung Durian, sejak dulu merupakan situs penting Kerajaan Negeri Padang yang dibangun Tengku Alamsyah sebagai Wazir Negeri Padang sekira 1930,” ujar Amar didampingi Datuk Azrai Hasan Miraza, dan beberapa pemangku adat lainnya baru-baru ini.

Sayangnya, lanjut pengurus BKM Masjid Raya Nur Addin itu, hingga kini belum jelas status lapangan sepakbola itu, sehingga Pemko Tebingtinggi pun tidak berani memanfaatkannya. Diakui, pihaknya mendengar ada oknum-oknum tertentu yang ingin menjual lahan tersebut. Padahal, menurut Amar, semua tahu lahan itu milik publik.

Datuk Azrai menambahkan, hasil pertemuan dengan keempat sepuh Melayu dan Kota Tebingtinggi sepakat keberadaan Stadion Kampung Durian harus dipertahankan sebagai lapangan sepakbola. 

“H OK Agahansyah, Aswad Asmara, dan Rusman Saleh yang paham status stadion, menyatakan sepakat lahan itu tetap jadi lapangan sepakbola,” terang Azrai. 

Tinggal lagi, lanjut Azhari, respom Wali Kota Tebingtinggi melalui Disporabudpar menyikapi hal ini. Diakuinya, kalangan sesepuh itu kecewa karena selama ini ada upaya pihak tertentu yang hendak menjual lapangan, meski alasan haknya tak jelas. 

“Banyak yang mendekati kita mengajak kerja sama menjual lapangan itu. Tapi saya tolak. Saya ingin lapangan itu tetap seperti semula,” tambah Agahansyah yang juga cucu OK Aliviah. 

sumber : http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=347789:stadion-kp-durian-mesti-dipertahankan&catid=21:lokal&Itemid=40

0 comments:

Post a Comment